Pertemuan IV "Travel Agent & Tour Operator"

/ Senin, 05 September 2011 /
Definisi
Biro Perjalanan (Travel Bureou)
• Menyusun dan menjual paket wisata luar negeri kepada umum dan atau atas permintaan
• Menyelenggarakan dan menjual pelayanan wisata
• Menyusun dan menjual paket wisata dalam negeri kepada umum atau atas permintaan
• Menyelenggarakan pemanduan wisata
• Penyediaan fasilitas sewa mobil untuk wisatawan
• Menjual tiket/karcis ,sarana angkutan, dll
• Mengurus dokumen-dokumen perjalanan sesuai peraturan



Agen perjalanan (Travel Agent)
• Menjual tiket /karcis ,sarana angkutan,dll
• Mengadakan pemesanan sarana wisata
• Mengurus dokumen-dokumen perjalanan sesuai peraturan

Biro perjalanan (Travel Bureau)atau travel services
Perusahaan perjalanan yang kegiatannya melakukan :
• Penjualan tiket sarana angkutan (darat,laut,udara)dan karcis hiburan
• Melakukan pemesanan (reservation)kamar hotel,pertunjukan,atraksi wisata
• Mengurus mendapatkan dokumen perjalanan (exit permit,fiscal,passport,visa,entry permit,dd)





Tours and travel services
Perusahaan perjalanan yang melakukan kegiatan seperti sebelumnya,juga mempunyai kegiatan:
• Merencanakan dan menyelenggarakan macam-macam perjalanan wisata
• Merencanakan dan menjual paket wisata,baik dalam negeri ,dari luar negeri ,ke dalam negeri atau sebaliknya
• Menyediakan tenaga pramuwisata ,tour leader,tour conductor
• Menyewakan angkutan wisata
• Menyediakan atau memberikan fasilitas angkutan borongan


Tour Operator
• Suatu perusahaan yang usaha kegiatannya merencanakan dan menyelenggarakan perjalanan orang-orang untuk tujuan wisata atas inisiatif sendiri dan resiko sendiri dengan tujuan mengambil keuntungan dari penyelenggaraan perjalanan tersebut.
• Katalisator dalam kepariwisataan
• Misal:maskapai penerbangan ,hotel

Peranan perantara
Perusahaan yang termasuk industri pariwisata terletak jauh dari kediaman wisatawan
Keuntungan:
• Menghemat biaya
• Menghemat waktu
• Memperoleh informasi lengkap dan dapat dipercaya
• Menghubungi secara langsung atau melalui travel agent
• Keamanan terjamin
Perusahaan relatif kecil tanapa banyak modal dan dengan manajemen terbatas ,kegiatan marketing tidak memadai

Peranan perantara
• Perantara menjual produk atau jasa yang penjualnya banyak persaingan
• Perantara mengkonsentrasi dirinya dengan menawarkan jasanya secara cepat dan mudah
• Perantara menyediakan jasa-jasa yang diinginkan oleh langganannya
• Perantara memperhatikan kegiatan promosi
Fungsi travel agent
Fungsi umum
• Merupakan badan usaha yang memberikan penerangan atau informasi tentang segala sesuatu yang berhubungan dengan dunia perjalanan pada umumnya dan perjalanan wisata khususnya
Fungsi khusus
• “broker” : bertindak atas nama perusahaan lain dan menjual jasa-jasa perusahaan yang diwakilinya
• Merencanakan dan menyelenggarakan tours dengan tanggung jawab dan resikonya sendiri
• Pengorganisasi : aktif melakukan kerjasama dengan perusahaan lain
Fungsi sebagai perantara
Tugas travel agent:
• Di negara asal wisatawan
 Melengkapi bermacam-macam informasi bagi calon wisatawan daerah,pengurusan dokumen masalah ,peraturan lalulintas,pakaian dan perlengkapan yang harus dibawa
 Memberi advis sesuai waktu dan keuangan yang tersedia,daerah tujuan yang baik,kendaraan yang digunakan serta akomodasi
 Menyediakan tiket langganan dalam macam-macam bentuk transportasi yang diinginkan dan mengurus barang yang dibawa
 Memilih perusahaan akomodasi atau hotel yang baik
• Di daerah tujuan wisata
 Memberi informasi tentang hotel,lokasi,kategori,kamar yang tersedia,room-rate,makanan dan minuman
 Membantu reservasi hotel
 Menyediakan transportasi
 Mengatur perencanaan tour yang akan diselenggarakan serta mengunjungi objek dan atraksi wisata
 Menjual tiket
 Membantu mengirim barang-barang souvenir
 Tempat dimana dapat memperoleh informasi mengenai sesuatu di daerah tujuan wisata
 Tempat dimana dapat minta bantuan untuk menguruskan dokumen perjalanan atau perpanjangannya
 Tempat dimana dapat membeli tiket atau memesan tempat pada perusahaan pengangkutan atau kamar hotel
 Tempat dimana wisatawan dapat memesan angkutan wisata,taxi,motor
 Tempat dimana wisatawan dapat membeli paket wisata
 Tempat dimana wisatawan membeli minta bantuan tentang segala sesuatu yang berhubungan dengan perjalanan

Fungsi sebagai “organiser”
Penghubung antara perusahaan industri pariwisata dan wistawan
Contoh kewajiban-kewajiban travel agent:
• Memberikan segala data informasi yang diperlukan secara lengkap dan terperinci berhubungan dengan pemesanan kamar yang diminta
• Tidak boleh memberikan harga kepada kliennya lebih dari tarif yang berlaku
• Tidak boleh sekaligus mengikat kontrak pemesanan kamar bagi seoarang kliennya untuk waktu-waktu yang bersamaan.


READ MORE - Pertemuan IV "Travel Agent & Tour Operator"

Pertemuan III "HOTEL"

/ /
DEFINISI
Perusahaan yang menyediakan jasa dalam bentuk penginapan (akomodasi) serta menyajikan hidangan serta fasilitas lainnya dalam hotel untuk umum, yang memenuhi syarat-sayat comfort dan bertujuan komersil.



MenHub :
- Hotel adalah bangunan atau kompleks bangunan
- Hotel adalah tempat tinggal sementara
- Jasa hotel disediakan untuk umum
- Jasa di hotel diberikan secara komersial
JASA PERHOTELAN
- Tempat untuk beristirahat dan kamr tidur
- Tempat atau ruangan untuk makan dan minum : restoran, bar dan coffee shop
- Toilet dan kamar mandi
- Pelayanan umum untuk memenuhi segala macam kebutuhan lain para tamu
DEPARTMENT
- Housekeeping department (department tata graha)
• Menjaga agar semua fasilitas di hotel lengkap, bersih dan siap pakai waktu diperlukan dan mengerjakan cucian dan penatu
- Technical department (bagian teknik)
• Mengurus penerangan. Lift, pompa. Dsd
- Food and beverage department (department tata boga )
• Pelayanan di ruang makan dan di bar : kepala pelayan (head waiter) & pranu minuman (bartender)
• Bagian dapur (kitchen) : kepala dapur (chiefcook)
- Front Office department (bagian kantor depan)
• Memberikan pelayanan di bagian depan : unsur aktor sangat menonjol dan diperlukan tingkat keramahtamahan yang tinggi, mendekati hospitality
• Tugas pelayanan kantor depan :
# menerima dan mencatat tamu yang hendak menginap : (resepsonis)
# menghitung dan menerima pembayaran tamu yang hendak meninggalkan hoter : (kasir)
# mengurus dan mengangkat barang-barang tamu : (bellboy)
- Administrasi
- Bagian Keuangan
- Bagian Kepegawaian
- Public Relations

SISTEM PEMBAYARAN
- Sistem Amerika
• Tamu sekaligus membayar untuk semua jasa, termasuk untuk makan dua atau tiga kali sehari
- Sistem Eropa
• Tarif hotel tidak termasuk harga makanan
- Sistem Kontinental
• Tarif hotel meliputi harga makan pagi saja

KLASIFIKASI HOTEL
- Klasifikasi berdasarkan baik-tidaknya serta lengkap dan tidaknya jasa yang diberikan hotel
- Lima kelas hotel : kelas luks, kelas 1, kelas 2, kelas 3 dan kelas 4
- Indonesia menggunakan tanda bintang
- Hotel yang tidak menyediakan jasa lengkap diberi tanda melati
- Kelas yang sama dibeberapa Negara tidak memberikan jasa yang sama pula : (tarif hotel)

SYARAT HOTEL YANG BAIK
- Syarat fasilitas
• Bentuk : bentuk fasilitas harus dapat dikenal
• Fungsi : fasilitas harus seperti yang di maksud
• Lokasi : fasilitas harus berada ditempat yang mudah dicapai atau diketahui
• Mutu
- Syarat pelayanan
• Syarat-syarat yang berlaku untuk fasilitas juga berlaku
- Syarat tariff
Faktor-faktor yang harus dipertimbangkan :
• Besarnya modal yang ditanam dalam usaha perhotelan
• Tingkat harga komoditi untuk pengelolaan hotel
• Mutu jasa yang diberikan
• Jumlah & jenis wisatawan yang diharapkan dating
• Lokasi hotel
- Syarat lokasi
• Syarat lingkungan
• Syarat sentraltias
• Syarat aksesibilitas



READ MORE - Pertemuan III "HOTEL"

Followers

 
Copyright © 2010 keep in touch, All rights reserved
Design by DZignine. Powered by Blogger