Pertemuan VII "PEMASARAN PARIWISATA"

/ Kamis, 08 September 2011 /
Pengertian
• Sejumlah kegiatan yang maksudnya untuk mempengaruhi, mengimbau dan merayu wisatawan potensial sebagai konsumen agar mengambil keputusan untuk mengadakan perjalanan wisata
• Menyediakan kemudahan2 agar calon wisatawan dapat melaksanakan keputusannya.
• Tujuan : agar orang membeli produk yang ditawarkan
• Produk : dibuat menarik & harus tersedia


Tindakan2 yang dilakukan dalam kegiatan pemasaran :
• Menentukan atau memilih pasar atau calon konsumen/wisatawan
• Memastikan apa yg dicari oleh konsumen
• Mempengaruhi mereka
Tujuan => diperoleh hasil yg optimal dan memberi kepuasan yg sebesar-besarnya pd konsumen
Marketing mix :
• Kebijasanaan produk
• Kebijasanaan harga
• Distribusi
• Promosi dan publikasi
• Penjualan
• Jasa purnajual
Kebijaksanaan Produk
• Komponen produk pariwisata : angkutan, atraksi dan akomodasi
• Membuat produk sesuai dgn permintaan pasar, sesuai yg dicari dan disukai konsumen
• Produk harus sesuai dng motif perjalanan wisata, misal liburan, bisnis, kesehatan, kunjungan keluarga, dll
Kebijaksanaan Harga
• Harga produk
– Jumlah harga komponen2nya
– Faktor2 yg menimbulkan variasi harga komponen2:
• Biaya angkutan
• Biaya akomodasi (termasuk makan & minum)
• Biaya untuk atraksi wisata
• Elastisitas harga
– Produk yg sama dijual dgn harga yg berbeda2
– Sifat musiman pariwisata
• Daya beli pasar wisata
– Tergantung dr kekayaan dalam masyarakat -> pendapatan nasional bruto per kapita
Distribusi
• Mengadirkan produk di tengah2 pasar -> availability
• Produk tidak pernah hilang di pasar
a. Distribusi produk pariwisata.
– Cara distribusi :
• Distribusi angkutan wisata
• Distribusi akomodasi wisata
• Distribusi atraksi wisata -> citra wisata, benda2 kebudayaan, perbuatan
• Distribusi produk pariwisata lengkap -> menyusun paket wisata
b. Citra pariwisata
– Gambaran ttg produk pariwisata
– Membentuk citra pariwisata harus memperhatikan:
• Sesuai dgn kenyataan di daerah tujuan wisata
• Memperhitungkan tata kehidupan, adat kebiasaan & kegemaran pasar
Promosi & Publikasi
• Promosi
– Kegiatan yg intensif dlm waktu yg relatif singkat
– Usaha untuk memperbesar daya tarik produk thd calon konsumen
– Promosi langsung
• Peragaan (display)
• Barang cetakan (brosur) yg disebarkan ke pasar
• Pameran khusus
• Pemberian “rabat” selama jangka waktu tertentu
• Pemberian “hadiah” selama waktu promosi
• Promosi
– Promosi tidak langsung
• Ditujukan ke penyalur produk pariwisata
• Tujuan:
• Menarik perhatian pd komponen2 pariwisata yg ditawarkan & membuat bersedia menjualnya
• Menciptakan kondisi & menyediakan sarana untuk menyusun produk pariwisata
• Promosi
– Promosi tidak langsung
• Cara yg digunakan:
• Pemberian informasi dlm bentuk barang cetakan
• Publikasi dlm majalah2 profesi
• Kunjungan pd perusahaan penyalur
• Pertemuan dgn perusahaan penyalur untuk memberi informasi
• Menyelenggarakan temu karya “workshop”
• Mengundang wakil2 perusahaan penyalur untuk mengunjungi daerah tujuan wisata
• Publikasi
– Menciptakan permintaan atau mempengaruhi permintaan dgn menonjolkan kesesuaian produk wisata dgn permintaan
– Tujuan : memancing reaksi pasar, menggerakkan calon konsumen sgsr mencari produk yg ditawarkan
– 3 tahapan:
• Penyebaran informasi
• Penanaman kepercayaan
• Penjualan
• Publikasi
– Mengandung 4 unsur pokok
• Tujuan harus jelas & tetap karenanya harus teliti & khusus
• Poros : gagasan pokok yg akan disampaikan pd konsumen
• Tema : rumusan dlm bahasa secara tepat & teliti dr poros publikasi
• Pesan publikasi yg disusun berdasarkan tema yg dipilih & berupa rumusan yg disampaikan pd konsumen
• Publikasi
– Publikasi langsung -> leaflet atau folder; brosur perjalanan; pameran, pekan pariwisata
– Publikasi dalam media massa -> harian; mingguan; bulanan & berkala; poster; radio; film; tv
– Publikasi intern -> promosi dr wisatawan ke teman/rekan
• Hubungan Masyarakat
– Kegiatan yg dikerjakan penghubung masyarakat:
• Mengadakan kerja sama & hubungan sebaik-baiknya dgn instansi2 setempat
• Masyarakat setempat diberi informasi secukupnya
• Mengundang orang luar terpilih
• Mengadakan “open house”

READ MORE - Pertemuan VII "PEMASARAN PARIWISATA"

Pertemuan VI "PERANAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN BAGI PARIWISATA INDONESIA"

/ /
SISTEM INFORMASI MANAJEMEN UNTUK KEPENTINGAN WISATAWAN
 Bermanfaat dalam penyajian informasi yang cepat, mudah dan akurat yang sangat dibutuhkan oleh wisatawan
 Internet -> pengguna dapat meminta informasi pariwisata untuk suatu daerah dengan hanya mengetikkan nama lokasi alamat internet
 Fasilitas “search engine”, serta adanya direktori internet secara online


 Memudahkan wisatan untuk berinteraksi dengan operator pariwisata yang dikehendakinya
 pembangunan Sistem Informasi Manajemen Pariwisata -> Sistem Pendukung Keputusan Pariwisata
 Banyak tampilan data kepariwisataan yang sudah tersedia, tidak banyak bermanfaat -> terlalu umum atau bahkan tidak akurat
 Perlu diketahui kebutuhan data yang sesuai untuk wisatawan yang jenisnya juga beragam untuk menentukan “isi” dari struktur datanya
SISTEM INFORMASI MANAJEMEN UNTUK KEPENTINGAN PEMERINTAH
 Sistem pendukung Keputusan Pariwisata ditujukan pada pejabat pengambilan keputusan pariwisata
 untuk melihat trend pasar dan hal-hal yang sifatnya strategis dalam pengembangan pariwisata.


READ MORE - Pertemuan VI "PERANAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN BAGI PARIWISATA INDONESIA"

Followers

 
Copyright © 2010 keep in touch, All rights reserved
Design by DZignine. Powered by Blogger