Pertemuan II "PRASARANA dan SARANA"

/ Jumat, 02 September 2011 /


Obyek wisata.
Yaitu segala sesuatu yang menjadidaya tarik bagi orang untuk mengujungi suatu daerah tertentu. Benda-benda yang tersedia dan terdapat di alam semesta.
  • Iklim , misal cuaca cerah 
  • Bentuk tanah dan pemandangan , missal danau , pantai , gunung , dll 
  • Hutan belukar ,missal hutan luas , pohon-pohon , dll 
  • Fauna dan flora , tanaman yang aneh , cagar alam , taman burung , dll 
  • Pusat-pusat kesehatan , misal sumber air mineral , madu lumpur , dll
Sebelum melakukan perjalanan , Wisatawan ingin mengetahui : 
  • Fasilitas transportasi yang akan membawadari dan ke daerah tujuan.
  • Fasilitas akomodasi.
  • Fasilitas catering service.
  • Obyek dan atraksi wisata.
  • Aktivitas rekreasi yang dapat dilakukan di tempat tujuan.
  • Fasilitas perbelanjaan , untuk membeli barabg-barang dan souvenir.
  • Tempat dan took
Ciri-ciri Produk Industri Pariwisata 
  • Hasil atau produk industri pariwisata tidak dapat d pindahkan.
  • Peranan perantara tidak d butuhkan.
  • Tidak dapat ditimbun.
  • Tidak mempunyai standard atau ukuran yang obyektif.
  • Permintaan terhadap hasil atau produk tidak tepat dan sangat dipengaruhi oleh faktor nonekonomis.
  • Calon konsumen tidak dapat mencoba atau mencicipi produk yang akan dibeli.
  • Banyak tergantung pada tenaga manusia dan sedikit menggunakan mesin.
  • Mempunyai tingkat resiko yang tinggi
Obyek wisata

Hasil ciptaan manusia
  • Benda-benda yang bersejarah , kebudayaan , keagamaan , missal monument bersejarah museum , art gallery , acara tradisional , festival , upacara perkawinan , rumah-rumah beribadah
Tata cara hidup masyarakat
  • Ngaben di bali , upacara pembakaran mayat di tanah toraja, upacara sekaten di yogya , upacara waysyak di candi/mendut bdan Borobudur
Prasarana (infrastructures) 
Adalah semua fasilitas yang dapat memungkinkan proses perekonomian berjalan dengan lancar sedemikian rupa sehingga dapat memudahkan manusia untuk dapat memenuhi kebutuhannya (Lothar A. Kreck).

Prasarana Perekonomian .
  • Pengangkutan (transportation) : pengangkutan yang dapatmembawa wisatawan dari Negara/tempat asal ke tempat tujuan.
  • Komunikasi :telp , telegraf , radio , tv , surat kabar , pelayanan kantor pos.
  • Kelompok yang termasuk “UTILITAS” : penerangan listrik , persediaan air minum , sistem irigasi , sumber energi .
  • Sistem Perbankan : jaminan mudah menerima atau mengirim uang
Prasarana (infrastructures)
Prasarana Sosial : semua faktor yang menunjang kemajuan atau menjamin kelangsungan prasarana perekonamian yang ada . 
  • Sistem pendidikan-pendidikan kepariwisataan untuk meningkatkan pelayanan , untuk memelihara dan mengawasi badan usaha yang bergerak di kepariwisataan.
  • Pelayanan kesehatan : jaminan tersedia layanan kesehatan.
  • Faktor keamanan : prasarana tidak aman karena adanya pencopetan , pencurian di hotel , penipuan sopir taxi , dll 
  • Petugas yang langsung melayani wisatawan : petugas imigrasi , bea dan cukai , polisi .
Prasarana (Prof Salah Wahab) 
Prasarana Kepariwisataan : 
  • Receptive Tourist Plant : badan usaha atau organisasi untuk mempersiapkan kedatangan wisatawan : Travel Agent dan Tour operator , Tourist Information Center .
  • Residental Tourist Plant : fasilitas yang dapat menampung kedatangan wisatawan untuk menginap : hotel , motel , cottages , restoran , dll.
  • Recreative and Sportive Plant :fasilitas yang digunakan untuk tujuan rekreasi dan olah raga : kolam renang , berselancar , dll .
Sarana
Sarana Pelengkap Kepariwisataan : Perusahaan-perusahaan atau tempat-tempat yang menyediakan fasilitas untuk rekreasi yang fungsinya tidak hanya melengkapi sarana pokok kepariwisataan , yang penting untuk membuat agar wisatawan dapat lebih lama tinggal pada daerah tujuan wisata.
  • Sarana olah raga (lapangan tenis , golf , kolam renang , berlayar , berselancar) 
  • Sarana ketangkasan (permainan bola sodok , jackpot , dll).
Sarana Penunjang Kepariwisataan : perusahaan yang menunjang sarana pelengkap dan sarana pokok dan fungsinya agar wisatawan lebih lebih banyak mengeluarkan atau membelanjakan uangnya di tempat yang dikunjungi .
  • Night club , casinos , steambaths.
Prasarana (Prof Salah Wahab).
Prasarana Umum : prasarana yang menyangkut kebutuhan orang banyak yang pengadaanya bertujuan untuk membantu kelancaran roda perekonomian.
  • Pembangkit tenaga listrik , sistem penyediaan air bersih , jaringan jalan raya dan kereta api , sistem irigasi , perhubungan dan telekomunikasi.
Kebutuhan Masyarakat Banyak : prasarana yang menyangkut orang banyak.
  • Rumah sakit , apotik , bank , kantor pos , pompa bensin , administrasi pemerintahan.
Sarana
Perusahaan-perusahaan yang memberikan pelayanan pada wisatawan , baik secara langsung atau tidak langsung dan hidup serta kehidupannya banyak tergantung pada kedatangan wisatawan.
  • Sarana Pokok Kepariwisataan : perusahaan yang hidup dan kehidupannya sangat tergantung pada arus kedatangan orang yang melakukan perjalanan wisata . 
  • Travel Agent & Tour Operator , Perusahaan Angkuntan Wisata , Hotel dan jenis akomodasi lain , Bar & Restoran , Obyek Wisata & Atraksi Wisata .

READ MORE - Pertemuan II "PRASARANA dan SARANA"

Followers

 
Copyright © 2010 keep in touch, All rights reserved
Design by DZignine. Powered by Blogger