Obyek wisata.
Yaitu segala sesuatu yang menjadidaya tarik bagi orang untuk mengujungi suatu daerah tertentu. Benda-benda yang tersedia dan terdapat di alam semesta.
- Iklim , misal cuaca cerah
- Bentuk tanah dan pemandangan , missal danau , pantai , gunung , dll
- Hutan belukar ,missal hutan luas , pohon-pohon , dll
- Fauna dan flora , tanaman yang aneh , cagar alam , taman burung , dll
- Pusat-pusat kesehatan , misal sumber air mineral , madu lumpur , dll
Sebelum melakukan perjalanan , Wisatawan ingin mengetahui :
- Fasilitas transportasi yang akan membawadari dan ke daerah tujuan.
- Fasilitas akomodasi.
- Fasilitas catering service.
- Obyek dan atraksi wisata.
- Aktivitas rekreasi yang dapat dilakukan di tempat tujuan.
- Fasilitas perbelanjaan , untuk membeli barabg-barang dan souvenir.
- Tempat dan took
- Hasil atau produk industri pariwisata tidak dapat d pindahkan.
- Peranan perantara tidak d butuhkan.
- Tidak dapat ditimbun.
- Tidak mempunyai standard atau ukuran yang obyektif.
- Permintaan terhadap hasil atau produk tidak tepat dan sangat dipengaruhi oleh faktor nonekonomis.
- Calon konsumen tidak dapat mencoba atau mencicipi produk yang akan dibeli.
- Banyak tergantung pada tenaga manusia dan sedikit menggunakan mesin.
- Mempunyai tingkat resiko yang tinggi
Obyek wisata
Hasil ciptaan manusia
Hasil ciptaan manusia
- Benda-benda yang bersejarah , kebudayaan , keagamaan , missal monument bersejarah museum , art gallery , acara tradisional , festival , upacara perkawinan , rumah-rumah beribadah
- Ngaben di bali , upacara pembakaran mayat di tanah toraja, upacara sekaten di yogya , upacara waysyak di candi/mendut bdan Borobudur
Adalah semua fasilitas yang dapat memungkinkan proses perekonomian berjalan dengan lancar sedemikian rupa sehingga dapat memudahkan manusia untuk dapat memenuhi kebutuhannya (Lothar A. Kreck).
Prasarana Perekonomian .
- Pengangkutan (transportation) : pengangkutan yang dapatmembawa wisatawan dari Negara/tempat asal ke tempat tujuan.
- Komunikasi :telp , telegraf , radio , tv , surat kabar , pelayanan kantor pos.
- Kelompok yang termasuk “UTILITAS” : penerangan listrik , persediaan air minum , sistem irigasi , sumber energi .
- Sistem Perbankan : jaminan mudah menerima atau mengirim uang
Prasarana Sosial : semua faktor yang menunjang kemajuan atau menjamin kelangsungan prasarana perekonamian yang ada .
- Sistem pendidikan-pendidikan kepariwisataan untuk meningkatkan pelayanan , untuk memelihara dan mengawasi badan usaha yang bergerak di kepariwisataan.
- Pelayanan kesehatan : jaminan tersedia layanan kesehatan.
- Faktor keamanan : prasarana tidak aman karena adanya pencopetan , pencurian di hotel , penipuan sopir taxi , dll
- Petugas yang langsung melayani wisatawan : petugas imigrasi , bea dan cukai , polisi .
Prasarana Kepariwisataan :
- Receptive Tourist Plant : badan usaha atau organisasi untuk mempersiapkan kedatangan wisatawan : Travel Agent dan Tour operator , Tourist Information Center .
- Residental Tourist Plant : fasilitas yang dapat menampung kedatangan wisatawan untuk menginap : hotel , motel , cottages , restoran , dll.
- Recreative and Sportive Plant :fasilitas yang digunakan untuk tujuan rekreasi dan olah raga : kolam renang , berselancar , dll .
Sarana Pelengkap Kepariwisataan : Perusahaan-perusahaan atau tempat-tempat yang menyediakan fasilitas untuk rekreasi yang fungsinya tidak hanya melengkapi sarana pokok kepariwisataan , yang penting untuk membuat agar wisatawan dapat lebih lama tinggal pada daerah tujuan wisata.
- Sarana olah raga (lapangan tenis , golf , kolam renang , berlayar , berselancar)
- Sarana ketangkasan (permainan bola sodok , jackpot , dll).
- Night club , casinos , steambaths.
Prasarana (Prof Salah Wahab).
Prasarana Umum : prasarana yang menyangkut kebutuhan orang banyak yang pengadaanya bertujuan untuk membantu kelancaran roda perekonomian.
- Pembangkit tenaga listrik , sistem penyediaan air bersih , jaringan jalan raya dan kereta api , sistem irigasi , perhubungan dan telekomunikasi.
- Rumah sakit , apotik , bank , kantor pos , pompa bensin , administrasi pemerintahan.
Sarana
Perusahaan-perusahaan yang memberikan pelayanan pada wisatawan , baik secara langsung atau tidak langsung dan hidup serta kehidupannya banyak tergantung pada kedatangan wisatawan.
- Sarana Pokok Kepariwisataan : perusahaan yang hidup dan kehidupannya sangat tergantung pada arus kedatangan orang yang melakukan perjalanan wisata .
- Travel Agent & Tour Operator , Perusahaan Angkuntan Wisata , Hotel dan jenis akomodasi lain , Bar & Restoran , Obyek Wisata & Atraksi Wisata .
0 comments:
Posting Komentar
mohon saran dan krtik anda